Cara Mengatasi Ponsel Matot/Mati Total Karena Kena Air

Cara Mengatasi Ponsel Matot/Mati Total Karena Kena Air
Obat Ponsel - Cara Mengatasi Ponsel Matot/Mati Total Karena Kena Air. Ponsel gak mau nyala? Matot atau mati total? Karena apa dulu nih? Karena air? yaps.. anda sedang membaca artikel mengenai Cara Mengatasi Ponsel Matot/Mati Total Karena Kena Air. pada artikel kali ini Obat Ponsel akan memberikan sedikit pengalaman admin tentang ponsel atau smartphone yang mati total karena kemasukan air. Namun sebelum itu ada baiknya admin menjelaskan dulu langkah awal pada ponsel/smartphone yang terkena air.

Pertolongan Pertama Ponsel/Smartphone yang Kena Air :

1. Langkah awal ketika Ponsel/Smartphone anda tercelup/terkena air adalah mencabut baterai ponsel/smartphone anda.
2. Bongkar atau Lepas casing/aksesoris ponsel seperti microSD, SIM, dan lain-lain.
3. Lap bagian-bagian ponsel/smartphone yang terkena air.
4. Jangan mengguncang-guncang ponsel/smartphone anda ketika terkena air. ini sangat berisiko karena bila di guncang, air yang berada dalam ponsel anda akan menyebar ke bagian-bagian sensitif air pada ponsel.
5. Coba keringkan ponsel/smartphone anda menggunakan hair dryer tau menggunakan kipas angin selama dipastikan benar-benar kering. Jika anda tidak mempunya hair dryer atau kipas angi bisa menggunakan beras untuk mengkeringkannya. Caranya? ambilah baskom kecil seukuran 3x ponsel/smartphone anda kemudian tenggelamkan dengan beras lalu tunggulah selama 2-3 hari.
Keringkan ponsel/smartphone menggunakan beras
6. Jika dipastikan sudah benar-benar kering maka cobalah nyalakan ponsel/smartphone anda.

Jika ponsel/smartphone anda menyala maka anda berhasil Mengatasi Ponsel Matot/Mati Total Karena Kena Air. Namun jika belum berhasil anda harus mencoba cara alternatif dibawah ini :

Cara Mengatasi Ponsel Matot/Mati Total Karena Kena Air

sebelum melakukan cara ini, anda diwajibkan mengikuti cara Pertolongan Pertama Ponsel/Smartphone yang Kena Air atau pastikan terlebih dahulu ponsel/smartphone anda sudah benar-benar kering dari air atau belum. Jika sudah kering silahkan mengikuti langkah berikut:

1. Persiapkan alat yang bernama Power Supply dengan skala sebesar 1 ampere (A) atau 1000 mA agar memudahkan pemeriksaan ponsel/smartphone anda yang terkena air.
Power Supply Hp
2. Bongkar lalu bersihkan terlebih dahulu bagian komponen yang terkena air menggunakan alkohol/bensin atau cairan yang cepat kering (biasa nya berwarna putih karena uap air)
2. Pasang kabel dari power supply ke konektor battery ponsel sebanyak minimal 3 kabel, dengan urutan negatif, BSI dan positif (warna hitam, hijau, dan merah).
2. Arahkan volt pada Power Supply sebesar 3,6 V (atau sesuai dengan ponsel/smartphone yang anda gunakan dengan toleransi 0,5 V) dan hubungkan pada ponsel/smartphone anda
3. Tekan tombol Power/Nyalakan Ponsel/Smartphone anda
4. Lihat pada bagian ampere, jika ditekan power lalu naik menjadi 50 mA, berarti kerusakan terjadi pada software. maka yang perlu anda lakukan adalah memprogram ulang ponsel/smartphone anda seperti baru lagi (flashing)
*Baca : Cara Flash Ponsel/Smartphone
5. Jika ditekan power namun diam saja berarti ada kerusakan pada hardware ponsel/smartphone anda. Jika demikian, maka anda harus melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen ponsel/smartphone anda mulai dari baterai, on/off, IC PA/IC UI dan lain-lain. bagi ponsel/smartphone yang rusak pada bagian IC UI bisa mengikuti langkah berikut:
Arahkan volt pada Power Supply sebesar 3,6 V (atau sesuai dengan ponsel/smartphone yang anda gunakan dengan toleransi 0,5 V) dan hubungkan pada ponsel/smartphone anda. Jika sudah, Ponsel/smartphone anda akan langsung hidup, LED menyala, VIBRATION bergetar.
jika sesuai, lanjut....
  1. Lepaskan IC UI, lalu hidupkan ponsel.
  2. Maka ada tampilan pada LCD ponsel "Insert SIM Card".
  3. Pasang IC UI yang baru.
  4. Hidupkan ponsel,
  5. Jika sukses, maka anda berhasil Mengatasi Ponsel Matot/Mati Total Karena Kena Air
Jika ponsel/smartphone anda masih juga matot/tak mau menyala lagi, maka anda harus membawanya ke service center ponsel/smartphone anda. Sekian ulasan kami mengenai Cara Mengatasi Ponsel Matot/Mati Total Karena Kena Air. Atas kunjungan dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih banyak :) salam kami, Obat Ponsel. ^_^

Tags : Cara memperbaiki ponsel matot, Matot Kena Air, Cara Mengatasi Ponsel Mati Total Kena Air, Tutorial memperbaiki ponsel, Smartphone Android, Obat Ponsel.
Share on Google Plus

About Obat Ponsel

Obat Ponsel adalah situs/blog yang menyajikan berbagai macam informasi ponsel, yang menyangkut spesifikasi ponsel, harga ponsel terbaru, review, tutorial dan perkembangan teknologi masa kini.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment