CubeSats, Satelit Mini Yang Siap Mengitari Bumi


Ilustrasi CubeSats
Sudah pada tahu Satelit bukan? Yup.. saya kira semua sudah pada tahu.
Satelit pada umumnya berukuran besar yang mengitari bumi layaknya bulan, namun yang satu ini sangat berbeda dengan satelit lain yaitu "CubeSats". CubeSats adalah satelit miniatur yang di rancang untuk penelitian ruang angkasa dengan menggunakan komponen komersial off-the-rak untuk elektronik nya.

Satelit mini ini telah lulus uji coba laboratrium dan direncanakan akan diluncurkan pada akhir 2015 atau paling lama awal hingga perengahan tahun 2016 nanti. Seperti diberitakan oleh Newscientist, selasa (13/10/2015), “sistem  satelit ini bakal menggantikan satelit-satelit besar yang ada di antariksa. Satelit berbentuk kubus ini diklaim lebih sederhana, lebih murah, dan merupakan inovasi baru untuk penjelajahan luar angkasa”.
CubeSats
Satelit CubeSats memang ditujukan bagi para ekslorasi luar angkasa yang sayangnya terbatas oleh dana yang kurang. Paulo Lozano dari Sekolah tinggi Informatika terbaik dunia “Massachusetts Institute of Technology (M I T)” ini memberikan komentar yang singkat dan jelas akan kesiapannya untuk memberikan bantuan dana bagi mahasiswa dan negara yang melakukan penelitian tentang luar angkasa.

Pada saatnya nanti, satelit mini ini tidak akan terbang sendiri, direncanakan akan ada 10 satelit mini lagi yang terbang bersama. Setelah berada pada orbit Bumi, satelit ini akan berfungsi sebagaimana satelit-satelit besar pada umumnya seperti pengamatan iklim, menganalisa benda-benda luar angkasa, dan melakukan berbagai penelitian tentang luar angkasa.

Namun di sayangkan, saat satelit ini diluncurkan nanti, satelit ini akan selamanya berada di orbit bumi. Jadi jika seketika satelit mini ini rusak atau tidak digunakan lagi maka satelit  ini akan menjadi sampah di antariksa. Namun begitu, fungsi dan manfaat satelit mini sangat membantu bagi eksplorasi luar angkasa kelak.-
Share on Google Plus

About Obat Ponsel

Obat Ponsel adalah situs/blog yang menyajikan berbagai macam informasi ponsel, yang menyangkut spesifikasi ponsel, harga ponsel terbaru, review, tutorial dan perkembangan teknologi masa kini.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment